Dunia Unik adalah Blog dengan kumpulan Berita Unik | Aneh | Lucu | Misteri dan masih banyak lainnya Hanya Disini.

Unik

[6][Unik][slider-top-big][Unik]
You are here: Home / Perubahan Kecil Untuk Bumi Pertiwi

Perubahan Kecil Untuk Bumi Pertiwi

earth day
Masyarakat bumi saat ini tengah mencoba gaya hidup hijau untuk mendukung kelestarian alam. Dengan berbagai tindakan berikut in maka Anda dapat juga melakukan sebuah perubahan kecil untuk bumi.

Gunakan Kedua Sisi Kertas

Ketika kita akan mencetak suatu dokumen dari komputer yang tidak terlalu penting, sebaiknya gunakan sisi kertas yang kedua. Selain menghemat pengeluaran dan kertas itu sendiri, juga turut membantu mengurangi penebangan hutan secara berlebihan. Tahukah Anda untuk satu pohon ditebang dapat menghasilkan 15 rim kertas yang berbahan baku dari kayu-kayu dan pepohonan.

Hemat Air Ketika Menyikat Gigi

Air keras pastilah menemani Anda saat menyikat gigi. Tanpa kita sadari, air keras tetap kita biarkan terbuka saat bersikat gigi selama satu menit atau lebih sama halnya dengan membuka satu galon air secara percuma. Dengan cara mematikannya selama kita menyikat gigi akan sangat membantu menghemat air bersih yang semakin sulit ditemukan serta mengurangi resiko menurunnya permukaan air tanah daerah perkotaan yang sudah kekurangan area hijau.

Berjalan dan Bersepeda

Bila memungkinkan, berjalanlah atau gunakan sepeda untuk menuju tempat lain yang berada cukup dekat. Karena dengan berjalan ataupun bersepeda akan mengurangi polusi udara yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Bersepeda dan berjalan kaki juga akan menyehatkan tubuh serta merupakan pencegahan pertama terhadap penyakit yang timbul di tubuh kita.

E-Mail dan Pesan Elektronik

Biasakan menggunakan surat menyurat elektronik atau e-mail dari sekarang. Gunakan juga pesan-pesan singkat elektronik seperti SMS untuk berkirim pesan kepada orang lain. Dengan menggunakan pesan elektronik maka kita akan menghemat penggunaan kertas, biaya dan waktu.

Kubikel Hijau

Cobalah untuk meletakkan setidaknya satu pot berisi tanaman di pojok ruangan Anda. Dapat juga menaruh pot tanaman yang berukuran kecil untuk ditaruh di atas meja Anda. Dengan adanya tanaman dalam ruangan akan berkhasiat mengurangi polusi udara di dalam ruangan serta membantu menghasilkan oksigen untuk menyegarkan pikiran Anda.
Marilah mulai sekarang kita lakukan perubahan kecil dalam lingkungan dan kebiasaan kita untuk ikut membantu perubahan kecil namun berarti untuk bumi kita yang tercinta. Apapun tindakan Anda yang bertujuan untuk melestarikan lingkungan hidup akan sangat berarti pada kehidupan anak dan cucu kita kelak yang akan menikmatinya dikemudian hari.
[Sumber]