Dunia Unik adalah Blog dengan kumpulan Berita Unik | Aneh | Lucu | Misteri dan masih banyak lainnya Hanya Disini.

Unik

[6][Unik][slider-top-big][Unik]
You are here: Home / Solusi Terbaik Menangani Kulit yang Terkena Racun Tomcat

Solusi Terbaik Menangani Kulit yang Terkena Racun Tomcat

foto:wikipedia
KETIKA Anda mengalami gejala-gejala terserang racun tomcat, segeralah cuci dengan air dan beri sabun. Jika masih terasa gatal, gunakan salep Acyclovir lima persen yang bisa dibeli di apotik.

Masyarakat diminta tak panik akan keberadaan tomcat yang kini sedang marak melanda Surabaya. Pasalnya, serangan serangga yang disebut pula Kumbang Rove atau Paederus Littoralis ini dapat dicegah dan ditangani.

Hal tersebut disampaikan oleh Ir Alexandre S Siahaya MT selaku Kepala Bidang Pertanian dan Kehutanan Dinas Pertanian Kota Surabaya.

"Jika terkena serangan tomcat, segera cuci dengan air dan beri sabun. Sabun mandi biasa saja cukup. Itu untuk mematikan racunnya. Jika masih tak mempan, masih gatal, segera ke apotik, gunakan salep Acyclovir lima persen," jelasnya saat dihubungi okezone melalui telepon selulernya, Selasa (20/3/2012).

Lebih lanjut, Alex pun menyarankan masyarakat untuk membersihkan pekarangan rumahnya yang memiliki rumput-rumput tebal tak terawat.

"Serangga ini mencari rumput tebal, di tempat seperti kebun, halaman rumah, atau pekarangan yang lembap. Karenanya, untuk menghindarinya bersihkan pekarangan," tutur Alex.

Alex pun meminta masyarakat agar tidak menjemur pakaian di malam hari, karena tomcat senang bersarang di pakaian lembap yang disinari cahaya terang dari lampu.

"Juga hindari menjemur baju di malam hari mereka suka tempat lembap dan terang. Kalau malam hari warga menjemur pakaian biasanya di atas jemurannya dipasangkan lampu terang. Nah, tomcat suka berada di sana karena pakaian yang dijemur lembap dan ada cahaya terang. Bahaya jika mereka mengeluarkan toksin di pakaian atau handuk yang dijemur, itu dapat membuat manusia terkena racun," tutupnya.